Belajar struktur bahasa pemograman VISUAL BASIC

Belajar bahasa pemograman visual basic


 Visual Basic merupakan bahasa program yang sebenarnya lumayan mudah dipelajari untuk programmer pemula seperti saya dan temen-temen yang baru hendak belajar pemograman.
 Visual Basic dapat menolong membuat program berbasis windows dengan sekejap mata. Sedang untuk programmer tingkat lanjut, kemampuannya yang besar dapat dipakai untuk menciptakan program-program yang kompleks, contohnya seperti dalam lingkungan networking atau client-server.
Untungnya, bahasa Visual Basic lumayan sederhana dan menggunakan ucapan-ucapan bahasa Inggris yang umum digunakan. Anda juga tidak butuh lagi menghafal sintaks-sintaks maupun format-format bahasa yang bermacam-macam.

Di dalam Visual Basic semuanya sudah disediakan dalam pilihan-pilihan yang tinggal dipungut sesuai kebutuhan. Di samping itu, sarana pengembangannya yang mempunyai sifat memudahkan Anda guna mengembangkan program software berbasis Windows, mempunyai sifat mouse-driven (digerakan dengan mouse), dan berdaya untuk tinggi.

Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman sangat terkenal tetapi pun paling gampang dan menyenangkan. Walaupun kita tidak memiliki kemahiran pemrograman sebelumnya, andai Anda dapat menjelajahi Windows dengan baik, Anda bakal segera bisa dengan gampang mengembangkan software dengan Visual Basic. Bahkan kemahiran dasar yang diperlukan di dalam Visual Basic hanyalah mengklik mouse, menata jendela, dan memilih-milih menu saja.
Kesimpulannya, Visual Basic ialah sebuah sarana pembuat program yang menyeluruh namun mudah. Siapapun yang dapat menggunakan Windows, ia pasti dapat membuat program dengan Visual Basic. Anda melulu perlu tahu teknik pemakaian mouse, memanipulasi jendela, serta logika pemrgraman untuk menciptakan sebuah software Visual Basic.


Untuk membuat sebuah program atau aplikasi menggunakan visual basic kita harus mengetahui struktur dari bahasa program dari visual basic ini, Dan di bawah ini beberapa struktur program bahasa visaul basic

Belajar bahasa pemograman visual basic 

1. Bagian Deklarasi Program

Bagian ini merupakan bagian peletakan semua deklarasi data yang akan digunakan. Secara umum kata cadangan yang merupakan bagian deklarasi adalah Dim, Private, Const atau Dimension.

  •  a. Deklarasi Dim atau Type
Dim atau Dimension adalah cadangan yang sering dipakai untuk mendeklarasikan variable yang akan digunakan dalam visual basic. Pendeklarasian dengan pernyataan dim berlaku pada pemrograman modul, program dan sub program.

  •  b. Deklarasi Public
Public merupakan pernyataan yang menggantikan pernyataan global dalam visual basic. Pernyataan public menyatakan bahwa semua variable yang dideklarasikan oleh pernyataan berlaku secara umum. Public merupakan pernyataan modul, artinya pernyataan ini pada dasarnya dideklarasikan pada sebuah modul.

  •  c. Deklarasi Private
Private menyatakan bahwa semua variable yang didekalrasikan oleh pernyataan berlaku secara khusus (private). Pernyataan private merupakan pernyataan level sub program, artinya pernyataan pada dasarnya dideklarasikan pada sebuah sub program.

  •   d. Deklarasi Static
Static sering digunakan untuk variable atau nilai agar tetap atau tidak berubah selama program dijalankan. Pernyataan statici merupakan level sub program, artinya pernyataan yang dideklarasikan pada sub program.

  •   e. Deklarasi Const atau Constanta
Const atau Constanta sering dipakai pada bagian deklarasi untuk memberi harga pada suatu variable. Const merupakan pernyataan level modul, artinya pernyataan yang pada dasarnya dideklarasikan pada modul. Dalam prakteknya pernyataan const sering dipadu dengan pernyataan public atau private.

  •   f. Deklarasi Type
Type dipakai pada bagian deklarasi untuk mendefenisikan type data terdefenisi. Dimana type data ini dapat mengandung satu atau lebih dari satu  data ini dapat mengandung satu atau lebih dari satu type data. Type merupakan level modul, artinya pernyataan yang pada dasarnya dideklarasikan pada modul. Dalam prakteknya pernyataan type sering dipadu dengan pernyataan public atau private.

2. Bagian Pernyataan Program

Program pada bagian ini ditulis pada jendela kode, jendela modul maupun jendela sub program. Program pada bagian ini dapat membuat pemrograman pengendali (event driven programming) yang merupakan salah satu kelebihan pada visual basic.

Sekian dari postingan ini semoga bermanfaat bagi temen-temen yang mau belajar program visual basic..
Wassalam

Kalok ada yang mau di tanyakan silahkan komentar di bawah...

ARTIKEL TERKAIT LAIN NYA :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar struktur bahasa pemograman VISUAL BASIC"

Post a Comment